Jendela Luluk

Tuesday, April 11, 2006

 

Teater IMAX Keong Emas

Kapan terakhir Anda ke Taman Mini? SD? SMP? Sekitar masa-masa jayanya Presiden Soeharto? wehehe.. :p teman-teman saya banyak yang mengakuinya. Sampai pada Minggu lalu, gagasan plesiran ke TMII hanya muncul selintas saja menghabiskan hari dan sedikit jeprat-jepret dengan D70-nya sohib saya. Pertama, kami menuju ke Masjid Diponegoro untuk Sholat Dzuhur, mampir sebentar jajan es dawet untuk menghilangkan haus di area taman akuarium air tawar, dilanjutkan menuju ke Museum Pusaka yang menyimpan aneka keris dan pusaka seantero nusantara, lalu Museum Serangga tempat koleksi berbagai kumbang, belalang, kupu-kupu, dengan tampilan display yang menarik, dan terakhir, tepat pukul 4 sore kami nonton film di teater IMAX Keong Emas.

Nonton di Keong Emas inilah yang menandai plesiran ke TMII. Kurang afdhol rasanya ke TMII tapi nggak masuk nonton film didalamnya. Oke, sama seperti Anda semua, saya terakhir kali ke Keong Mas saat duduk di bangku Sekolah Dasar, bersama-sama dengan rombongan study tour satu sekolah. Sampai-sampai saya lupa seperti apa rasanya sewaktu masuk kedalamnya. Yang saya ingat waktu itu, kami nonton film tentang keindahan alam Indonesia yang subur makmur gemah rimpah loh jinawi.

Tentu saja kesan yang saya dapatkan saat masih imut-imut dulu berbeda dengan saat sekarang (yang sudah amit-amit :D). Begitu masuk kedalam Teater IMAX Keong Emas... hoaaaa... Layarnya BESAARRR luar biasa (dulu rasanya tidak sebesar ini). Disini dibilang ukurannya sebesar 21.5 x 29.3 meter! (yang langsung gue pikirin: itu gimana bikin ama masangnya disono ye...?) Dan gara-gara segede gaban gini, di tahun 1994 layar ini sempat tercatat sebagai layar terbesar sedunia!! Huhuuy... mantapp...! (“,)b Sebagai konsekuensi besarnya layar, otomatis kapasitas tempat duduk juga banyak. Tata suaranya canggih, gambarnya juga bersih, ada efek 3 dimensi dan untuk layar sebesar raksasa, kualitas gambarnya nyaris mendekati sempurna.

Sore itu, kami nonton Forces of Nature bikinan National Geographic yang tidak disangsikan lagi kualitas programnya. Forces of Nature mengisahkan misteri dan kedahsyatan kekuatan alam lewat kejadian gunung meletus di Montserrat -Karibia, gempa bumi di Izmit -Turki, hempasan angin topan Camilla di Meksiko dan badai tornado di Oklahoma. Bagi Anda yang merasa biasa saja dengan sajian dokumenter ini, tunggu sampai Anda melihatnya lewat (ya itu tadi) layar raksasa Keong Emas. Sumpah deh, kita serasa seolah-olah berada dan ikut terlibat dalam setiap adegan film yang ditayangkan.

Paling sedap kalau kita duduk di tengah layar, karena kita bisa memandang kebawah dan keatas layar sama baiknya dengan dari kanan ke kiri. Adegan gunung meletus di Montserrat yang diambil gambarnya oleh para ilmuwan dari atas helikopter membuat seolah-olah kita benar-benar melihat ke dasar gunung, padahal kita cuma melihat ke dasar layar. Pun, adegan saat sang ilmuwan masuk ke satu masjid besar di Istanbul yang tetap kokoh berdiri dari guncangan gempa bumi selama berabad-abad. Kubah masjid yang indah tinggi menjulang membuat kita seolah-olah benar-benar mendongak melihat langit-langit kubah masjid, padahal kita cuma melihat ke atas layar. Sip banget dah! Oh ya, narator asli dari Forces of Nature ini sebenarnya adalah Kevin Bacon, tapi karena di-dubbing kedalam Bahasa Indonesia, ya jadinya malah suara bapak-bapak gitu deh..

Nah, jadi, dengan HTM yang cuma Rp.25.000,- (padahal kabarnya belum lama ini masih Rp.20.000,-) saya rasa cukup layak untuk di'jabanin'. Masih ada berbagai tema film lain yang bisa dipilih sesuai jadwalnya, yang bisa dilihat disini. Dan jangan lupa, kalau ada rencana ke TMII, ajak-ajak saya ya! ;)

Comments:
siip luk, alhamdulillah dah ada guidenya kalo ke TMII,...ke Dufan juga ya,...insay allah
 
wah, saya malah belum pernah ke imax loh luk ;p keciaaannn deh gue..
yang 4 dimensi udah belom? di jakarta katanya ada baru di ancol. wah itu seru banget tuh, pake acara dicipratin air dan disemprot angin :p
 
seumur-umur idup di jakarta, sayah baru dua kali ke taman mini. '90 ngecek film buat teater 3-d nya fujifilm. cuma ke situ aja gak ke anjungan2 segala. sekali lagi taon kemaren bareng istri & anak. nonton t-rex. okeh bangets emang. kerasa di depan mata itu dinosaurus. selese nonton mampir ke museum serangga ( sempet liat kancil gak mbak luluk) dan museum lainnya. *dijabani? dijabanin kali yak. di kamus besar emang gak ade, basa betawi yak mpok?*
 
Sip, Mbak Noe! Tinggal telpon Luluk aja yah! ;)

Eleuh eleuh, Kang Bagas. Blm pernah ke imax Keong Mas?? PNS kayaknya gratis dehh.. *siapa yg PNS ya? :p

di Ancol ada 4 dimensi? wah, blm nyoba tuh. hmm.. tulis di agenda aaah.. :)

Iye, Bang Danu, aye sempet tuh liat kancil. Kecil bener ye badannye..?

Nah, nah, sblm ntu polisi EYD dateng di mari, aye cepet2 betulin deh tu 'dijabani'. makasih yeh.. ;)
 
Thanks Luk, infonya..jadi deh kita sekeluarga ke situ..emang seru banget..serasa masuk ke perut bumi beneran. BTW: yang museum iptek untuk anak-anaknya juga seru lho, banyak yang nggak mudeng sih...yang jelas, kalo mau 'jabrikin' rambut kayak di Mr. Bean bisa juga. Ibu Mufid
 
Thanks, bu Mufid! seru ya nonton di IMAX..? :) Museum IPTEK sempet kita lewatin, cuma kelihatan sepi jd mobilnya nggak dibelokin ke situ. Okay, kpn2 kalo ke TMII lg, aku coba mampir kesitu deh.. ;)
 
Seru abiz deh pokoke k'lo nonton di Teater Imax Keong Emas,very Funtastic...serasa di alam nyata bo...oh iya ada film baru yang mo' diputar lho " Spider - man 2"...bakalannya tambah seru neeh k'lo nontonnya rame-rame.
 
Best regards from NY! video editing schools
 
Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat.
Perkenalkan nama saya Muhammad Ikhsan, selaku Pemilik dan Pengelola dari website Keris.Biz.
Website Keris.Biz merupakan salah satu website penyedia benda seni seperti keris, badik, pedang katana/samurai, benda antik dan bertuah serta benda-benda seni yang bernilai sejarah tinggi dan sangat langka. Beberapa koleksi tersebut saya dapatkan dengan berburu dari dalam dan bahkan luar negeri. Bagi Anda yang serius ingin memiliki dan merawatnya, beberapa dari koleksi tersebut saya maharkan. Silahkan lihat koleksi saya disini :
www.Keris.Biz - Gallery Keris, Pedang, Katana, Badik, antik, bertuah dan langka
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]