Jendela Luluk

Saturday, March 11, 2006

 

Password a la John

Password, atau kata sandi, bisa berupa apa saja yang terlintas dalam fikiran kita. Yang umum digunakan biasanya adalah tanggal lahir, tanggal nikah, nama anak, nama pasangan, atau nomor telefon. Nama artis, bintang film, atau olahragawan popular pun bisa menjadi pilihan. Penggunaan lafadz basmallah menjadi favorit buat teman-teman saya yang 'alim', dan menurut saya pemakaiannya juga tepat sebagai awal untuk memulai sesuatu kegiatan.

Jenis password yang lazim memang satu kata. Bisa divariasikan dengan angka, bisa juga tidak. Misalnya, username saya, ‘Luluk’, dan password saya, ‘Luluk97’ (Luluk yang angkatan 1997). Tidak tertutup kemungkinan, password terdiri dari 1 kata panjang yang merupakan gabungan potongan suku kata dari beberapa kata. Ambil contoh, username teman saya, ‘Arum’, passwordnya, ‘Linanta’ (gabungan dari nama kedua anaknya, Lintang dan Ananta). Tidak dilarang pula, password yang terdiri dari 1 kalimat pendek yang biasanya berupa ungkapan. Contohnya, teman saya yang lain, yang pernah kesal dengan ulah seseorang yang sempat menyusup kedalam account emailnya, akhirnya mengubah passwordnya dengan ‘gotohellhacker’. *Halah, timbang dibaca emailnya doang pake nyumpahin masuk neraka, :)*

Terakhir, sewaktu ikutan workshop, saya baru tahu bahwa ada juga yang menggunakan metode unik untuk memilih password. Saat sesi tambahan tentang penggunaan online database, senior kami, John, mempersilakan menggunakan username dan password-nya bagi mereka yang belum terdaftar dalam sistem yang dikelolanya. Username-nya John adalah ‘John3’, dan password-nya, ‘jsm84nh5k’. Walah, rumitnyaaa.. Dan ternyata saudara-saudara, ‘jsm84nh5k’ adalah kependekan dari ‘john (and) sophie married (in) 84 (and) now have 5 kids’! Ya ampun, ini mah satu kalimat yang diambil huruf awal per kata-nya :D. Pernah lihat adegan film laga yang si jagoan berusaha menebak password sebuah sistem supaya bom (atau apalah itu) nggak jadi meledak? Saya yakin kalau passwordnya jenis yang kayak si John ini, bomnya bakalan keburu meledak! :)

Wah, asyik juga nih kutak-katik password ala John.
Hmm.. untuk menjawab John, buat saya mungkin ‘ln26wghsh5ktj’ saja. ‘Luluk (is) now 26, willing (to) get (a) husband (and) someday (will) have 5 kids too, John!’. :D

---
~Ngawur!

Comments:
asli, luk,...hmmm panggil nama aja ya, mudaan sih....kocak pisan itu posting
 
bikin password emang susah-susah-gampang, terlalu pendek gampang di-hack. kepanjangan malah lupa. pernah bikin buat gmail eh dibilang gmail pwd yg dibikin gampang dibuka diminta ganti. reseh bgt. idenya si john oke jg sih tapi repot ngafalnya kale...
 
Password favorit: jangan lupa
 
mbak luluk...
itu password apa cita-cita?
so 5 kids huh?
tunggu apa lagi? :)
 
wah saya pernah lupa password komputer saya jadi saya format ulang tu kompter, sampe 3 kali lagi lupanya, jadi 3 kali juga ngeformat ulang! sekarang mah semua account passwordnya sama, nama first love berpuluh tahun lalu..huhu...
 
menarik juga, gue sih selalu merubah password sesuai mood saat itu
 
Keep up the good work film editing schools
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]