Jendela Luluk

Wednesday, July 20, 2005

 

Oh, John...

Saat cek email kantor, saya mendapatkan kiriman dari seseorang -sebut saja namanya John, yang isinya kurang lebih seperti ini:

Hi! Ratna (anggap saja ini nama bos saya) suggested you might be the best choice to have a look at a demo website/database I built for the evidence database and fill out the evaluation form from the front page. Many thanks for your help.

Okay, hanya mengevaluasi saya kira tidak terlalu sulit. Meskipun begitu, ketika saya mengetahui jabatan John yang senior health database scientist ini (wuhh!), cukup membuat saya ketar-ketir. Ini sih salah alamat namanya, minta evaluasi kok dari orang awam macam saya. Tapi setelah difikirkan lagi, justru jika orang awam tidak mengerti apa yang dimaksud oleh si pembuat program dapat menjadi masukan untuknya agar membuatnya lebih sederhana. Bukankah begitu? ;)

Nah, John juga menyertakan link pada emailnya yang harus saya lihat sebagai demo website/database sebelum mengisi form evaluasi. Waktu di-klik, lho… kok nggak mau kebuka sih jendelanya?! Default browser komputer saya adalah Internet Explorer 6.0. Ketika coba membukanya dengan Firefox 1.0.6, hasil yang sama saya dapatkan. Ada peringatan “the operation timed out when attempting to contact the link” disitu. Ini kenapa sih, kok malah website yang harus dievaluasi nggak bisa kebuka gini??!

Uhmm.. kenapa nggak digoogling aja, Luk! batin saya waktu itu. Mungkin nanti ada hasil pencarian yang bisa diklik langsung, dan mudah-mudahan jendelanya membuka sewaktu diklik. Dengan firefox yang default halamannya otomatis membuka google, saya kopi link tersebut di kotak pencariannya. Hasilnya bisa ditebak, kalimat peringatan yang sama muncul beberapa saat setelah link yang dimaksud tidak kunjung membuka.

Image hosted by Photobucket.com

Mentok, saya kirim email saja ke John. Bunyinya seperti ini:

Woi, John...! Bukannya aye kagak mau partisipasi ngisi porm epaluasi situ, tapi itu link kenape kagak mau kebuka ye? Aye udah coba pake IE 6.0 ame Firefox 1.0.6, dua-duanye kagak bisa tuh. Nih, aye liatin satu skrinsot dari usahe aye ngebuka ntu link. Pegimane solusinya nih?

Nah, screenshot yang saya lampirkan adalah hasil saya googling seperti gambar diatas. Berselang satu hari, John sudah membalas email saya. Uh, oh, apa maksudnya ini??

I see that the image shows a search being made on the site URL. You don't really want to do that... just put the URL directly on the top line of your browser (next to the little house - this currently starts out 'http://www.google.co.id/search....') but should be the 'http://bla-bla-bla:8443/secure-demo....' Otherwise you may be able to double click on the link directly from this email. This may not fix it.. but at least we can see.

Ya ampun, Joooohn…! Saya juga tahu bagaimana caranya membuka satu link sampai terbuka penuh. Malu deh ah, sudah segini tuanya masa’ masih dikira nggak bisa. Hu uh... Saya nggak segitu awam banget deh! >:-( *keki*

Sesegera mungkin saya membalas email John berisi pembelaan diri dengan penjelasan panjang lebar dan sedetil-detilnya pada proses pergulatan untuk membuka link. Sebenarnya salah saya juga pada email sebelumnya mengirit-irit uraian. Nah, kira-kira email saya seperti ini:

Maksud aye nih, John, aye juga udah nyoba langsung nge-klik link yang ada di email nyang situ kirim. Malahan aye udah usahe buka ntu link pake 5 cara: Aye langsung ngeklik link pake 2 browser IE ame Firefox, depault browser ampe aye ganti dulu jadinye; aye juga ngopi link dari email situ lantas di-paste di kotak pencarian browser pake 2 browser juge IE ame Firefox; ditambah googling tapi nyobanya cuma di Firefox doang. Barusan aye nyoba googling pake IE, hasilnye kagak ada bedanye. Situ bisa bantu aye kagak?

Penasaran kan apa jawab John?

Looks like we've found the problem.. The University's network administrator opened the wrong network to the site.. I think he's off to open the correct one. Unfortunately, I cannot test it from here (until I get home tonight). So keep trying that URL! I'll keep you up-2-date.

Nah!!


Comments:
makanye jangan ander estimet dan sok bener dulu joohn, pereksa juga kek ente punya kerja! gitu ye pok??
 
iyee bang, setuju ama bang abhirhay. nyang aye kaga ngerti bahkan bule bule ntu banyak yg mikir orang kite ngga bisa nyalain kompor gas!
Gue ampe mo bilang ame bule-bule ntu, "heh belande! Bisa ngga lo nyalain kompor minyak ? Gue jamin kalo ente nyang nyalain, bisa meledug tuh kompor!"
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]