Jendela Luluk

Wednesday, April 26, 2006

 

Setir Kanan










Ada 1 orang tamu datang dari Burkina Faso di kantor, dan saya kebagian menemani beliau untuk keliling kampus UI Depok. Waktu baru masuk mobil, si tamu ini langsung ngajak ngobrol..

---
“Negara kamu bukannya dijajah Belanda?”

“Ya, betul. Memangnya kenapa, pak?”

“Kok setir kamu sebelah kanan? Apa pernah negara kamu dijajah Inggris?”

“Oh, pernah juga, tapi saya lupa berapa lama. Nggak seberapa lama juga sih. Kalau nggak salah, saya pernah baca, metode setir kanan kami ini peninggalannya Raffles.”

“Raffles itu siapa?”

“Dia gubernur jenderal, perwakilan dari Inggris, yang memerintah di negara kami selama Belanda kalah dari Perancis. Oh ya, dia juga terkenal sebagai pendiri Singapura.”

“Wah, hebat sekali. Jadi Raffles ini ya yang membuat kamu menyetir di sebelah kanan, sampai sekarang?”

“Eh, iya.”
---

Hmm... Pembicaraan yang aneh.

Karena penasaran, saya cari tuh kenapa Indonesia menerapkan metode setir kanan. Nggak ketemu jo’! Di Wikipedia, cuma ditulis... Salah satu pembaruan kecil yang diperkenalkannya di wilayah kolonial Belanda adalah mengubah sistem mengemudi dari sebelah kanan ke sebelah kiri. (Ini maksudnya, dari setir kiri ke setir kanan kan?)

Mudah-mudahan nggak salah ngasih informasi deh ke bapak satu itu. Hitung-hitung penghargaan untuk beliau akan ketertarikannya pada metode persetiran di Indonesia, padahal sampai si tamu ngajak saya jalan muter-muter kampus kemarin pun saya belum ‘ngeh’ Burkina Faso ada di Afrika bagian mana! :D

Ada yang punya info tambahan mengenai setir kanan kita ini...? #


Comments:
Luk, perasaan aku kalo nyupir sedan bisa kanan or kiri tuh,...lha iya wong nyupir sedanku tuh:NYU ci PIRing SEndok DAN sebagainya,......have a nice day ya,..gimana mau jadi meneer van houten ?
 
Are you stuck in a job that is leading you on the path to no where?
We can help you obtain a College Degree with classes, books, and exams
Get a Genuine College Degree in 2 Weeks!
Well now you can get them!

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

BA, BSc, MA, MSc, MBA, PHD,

Within 2 weeks!
No Study Required!
100% Verifiable

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

These are real, genuine, They are verifiable and student records and
transcripts are also available. This little known secret has been
kept quiet for years. The opportunity exists due to a legal loophole
allowing some established colleges to award degrees at their discretion.


With all of the attention that this news has been generating, I wouldn't
be surprised to see this loophole closed very soon

Get yours now, you will thank me later
Call this number now (413) 208-3069
We accept calls 24 hours a day 7 days a week.
 
Luk, ada spam yang masuk ke comment-mu tuh...masak jadi PhD dalam 2 minggu. Haha...jangan-jangan banyak PHD kita yang dapetnya dalam 2 minggu itu ya..Ibu Mufid
 
iya, apa ya jawabannya?? *garuk-garuk kepala *ikut bingung*
 
hihi.. mbak Noe kanan kiri oke ya?? meneer blm ada kabar, sampai meniran nih aku.. :D

Bu Mufid, jgn coba-coba telfon ke nomernya ya! aje gile yg laen susah payah 4-5 taun, lha kok berani-beraninya bisa PhD dlm 2 minggu! hueeekk.. :p

Apa dong jawabnya, Kang Bagas? *ngusrek-ngusrek idung*
 
iya bener warisannya oom Raffles ..
Inggris masuk karena Belanda berpihak ke Prancis(musuh bebuyutan Inggris), oleh karena itu Inggris jadi ada alasan untuk menyerbu ke Batavia..pertempuran di Mester Cornelis itu kekalahan Belanda..
Inggris masuk tahun 1811, keluar thaun 1816, ya gara gara Belanda kembali netral (Rajanya udah bukan saudara Napoleon lagi). Karena diprotes Belanda, maka Ost Indie dikembalikan ke pangkuan Belanda, diiringi protes oom Rafless.. yang akhirnya mengembangkan Singapore untuk menyaingi Java
 
You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » »
 
Looking for information and found it at this great site... Bentley music malaysia Free prayer journal for sony pdas drug effexor xr Timberland waterproof trail vision hiking boots antidepressants
 
To: Websites administrator.
Re: Replacement of domain www.ui.edu to www.ui.ac.id

Dear Sir,
Greetings from the university of Indonesia.
I would like to inform you that from August 2008, the University of
Indonesia (Universitas Indonesia) has changed its web domain and returned
to www.ui.ac.id , based on the consideration that we use Indonesia (id)
domain.

We notice that in your web you have a link to our domain and would be very
grateful if you could change the link in your web to www.ui.ac.id to point
to our university.
We appreciate you eagerness to collaborate with us, and look forward for
further collaborative work with University of Indonesia’s member.

Yours Sincerely


Riri Fitri Sari
CIO/ Head of Information Systems Development and services of the
University of Indonesia
7th floor Kampus Baru UI Depok 16424 Indonesia
riri@ui.ac.id
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]