Jendela Luluk

Thursday, April 14, 2005

 

Luluk, kerjanya apa?


Hmm.. Oke deh.

Saya rasa, ada positifnya juga mengungkapkan lingkup kerja saya disini. *cewek banget pake dirasa-rasain* :p Disamping, saya baru saja belajar untuk tidak setengah-setengah dalam mencapai sesuatu. Jadi, fokus ke satu tujuan itu penting! [apa sih?:p]

Sekarang, saya ‘ngantor’ di sebuah gedung yang sampai saat ini masih tertinggi di seantero UI Depok, dan rutin banget deh setiap Februari & Agustus dijadikan background foto para mahasiswa yang baru diwisuda.

Status saya disitu, bukan PNS, bukan dosen atau apapun yang terkait dengan belajar mengajar, bukan pula staf administrasi, apalagi rektor. Saya, masih diujicoba untuk menjadi seorang junior researcher (taela, gayamuuu.. :D) pada suatu lembaga penelitian dibawah DRPM UI. Beberapa lembaga penelitian mengambil tempat di masing-masing fakultas sesuai dengan spesialisasi ilmu yang didalami. Akan tetapi lembaga penelitian tempat saya berkecimpung lebih ke tingkat universitas, sehingga lingkup kerjasamanya pun lebih global.

Penelitian yang saya dalami berlatar ilmu kesehatan terutama terkait dengan masalah Safe Motherhood atau keselamatan kaum ibu. Ada apa dengan kaum ibu di Indonesia? Untuk mudahnya, mungkin kita ambil perbandingan angka kematian ibu saja ya. Di Indonesia, dalam 100.000 kelahiran bayi hidup terdapat kurang lebih 400 ibu meninggal setiap tahun akibat komplikasi kehamilan dan persalinan, sedangkan di Malaysia (tidak perlu jauh-jauh ke negara maju) hanya 4 ibu saja yang naas menghadapi maut. 400 ibu meninggal per tahun tadi, bisa diartikan menjadi 2 ibu meninggal dalam setiap jam (!) Hitung sendiri jika anda tidak mudah percaya.

Banyak teori sebab akibat baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang yang bisa dikaji, tetapi singkatnya, ada sebuah inisiatif dari Eropa sana, bertajuk IMMPACT yang peduli dengan keadaan kesehatan ibu di Indonesia. Atas sokongan dana dari Bill & Melinda Gates Foundation, Department for International Development (UK), European Comission, dan USAid- IMMPACT yang melibatkan University of Aberdeen (Scotland) sebagai pusat koordinasi, London School of Hygiene and Tropical Medicine (UK), John Hopkins University (US), Prince Leopold Insitute of Tropical Medicine, Antwerp (Belgium) dan University of York (UK) sebagai International Technical Partner (ITP), mengambil fokus pada 3 negara: Indonesia, Ghana dan Burkina Faso dalam kurun waktu 2003-2009. (Bayangkan, Indonesia disamakan dengan 2 negara Afrika, rek!)

IMMPACT bertujuan meningkatkan kapasitas penentu kebijakan dalam pengambilan keputusan, termasuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas, berdasarkan bukti atau data yang relevan dan akurat. Peningkatan kemampuan membuat keputusan berdasarkan bukti, berarti pula peningkatan kemampuan melaksanakan evaluasi program kesehatan, yang diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan kesehatan perempuan, bayi, serta keluarga, dan selanjutnya meningkatkan sosial dan ekonomi masyarakat luas.

Doh, bahasa buku banget nggak sih?? :p hehe..

Yah, singkatnya, kami ingin menjembatani gap antara masalah dan upaya penurunan kematian ibu melalui evidence (bukti di lapangan) dari berbagai riset primer dan sekunder ke daerah sasaran. Titik.

Nah, itu dia sebabnya, kantor kami sering dikunjungi para dewa peneliti dari dataran Eropa yang wuuuh... entah makannya apa mereka bisa sepinter itu. Mereka antusias untuk melakukan perubahan terhadap kondisi bangsa kita, dan Alhamdulillah banyak ilmu yang bisa kami serap dari mereka.

Oh iya. gambar diatas merupakan salah satu rangkaian kegiatan World Health Day yang jatuh setiap tanggal 7 April. WHO, UNFPA,Depkes RI dan ‘lembaga penelitian’ UI mengadakan jalan santai Walk for Life di Silang Monas pada Minggu pagi 10 April lalu. Kebetulan tema WHD tahun ini adalah Make Every Mother and Child Count, jadi.. ya sudah. Klop! Seru, capek, pegel dan linu jadi satu.

Lalu, agenda kerja terdekat apa? Hmm... Tampaknya bersenang-senang setelah para dewa balik ke negeri asal harus segera disudahi karena oh karena Senin depan kami kedatangan tamu tim reviewer dari funders-nya IMMPACT yang 4 tadi diatas!! *gubrakkk*


~Kalo udah gini, milih kerja apa sekolah lagi, Luk? :-(

Comments:
Great job girl!!! You make it easier to understand he..he.. Harusnya kata-kata lo dijadiin booklet kali yee... pasti seru ;)
 
Jadi kerjaan Luluk jogging di Monas ya!!! sorry ya, suka agak telmi nih!! Ibu Mufid
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]