Jendela Luluk

Tuesday, January 18, 2005

 

Korma dari Israel



Pernah makan buah korma? Buah khas dari negeri Arab yang biasa beredar pada Bulan Ramadhan atau sekitar perayaan hari besar Islam lainnya. Di Indonesia, korma selalu identik dengan Negara Saudi Arabia bukan? Tetapi minggu lalu, ketika kantor kami dikunjungi 7 orang peneliti asing, salah satu dari mereka memberikan kami oleh-oleh 1 bungkus korma dari negeri yang tidak terbayangkan bisa memproduksi korma.. ISRAEL!!

“Emang ngaruh gitu, Luk, lo gak jadi makan tu korma?” komentar seorang rekan ketika pada gigitan kedua saya mengurungkan niat untuk melanjutkan menghabiskan si buah korma setelah melihat label kemasannya, buatan Marks & Spencer dan jelas-jelas pula tertulis nama ‘Israel’ pada kolom country of origin-nya. “Nggak ngaruh sih, males aja gue ngabisin.”

Apakah saya terlalu =rasis=, =tidak punya toleransi= atau =tidak fleksibel=, terserah penilaian masing-masing. Toh, pemerintah pun tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan negara tersebut, sampai-sampai menolak bantuan untuk korban Aceh (
Republika 15/1). Lagipula, memangnya ada gitu perkebunan korma disana? Kalaupun ada, para pekerjanya pun pastinya masuk kedalam orang-orang yang membantai dan mencaploki negara tetangganya. Dan, bukan berarti buah yang identik dengan Arab selalu bisa halal, bisa dimakan dengan nikmat. Walaupun judulnya ‘buah’.. dimana-mana memang halal, tapi.. ampun deh, dari Israel? No way, man. Nggak nafsu.

Wuh. Ternyata
Marks and Spencer(-nya Israel) nggak cuma menjual pakaian, tapi juga korma. Luar biasa.

Comments:
WAH?
Jangan gitu dong.. Mau ngga mau secara geografis kan Israel termasuk negara Timur Tengah. Dan buah korma itu bukan hanya milik negara Saudi Arabia semata, tapi milik negara-negara yang berada di kawasan Timur Tengah.
Malahan justru kroma terbaik itu dari Mesir, bukan Saudi Arabia.
Gw pernah kok makan korma asal Mesir, Lebanon, etc etc.
Tentang pemerintah menolak bantuan Israel? Jangan salah, pemerintah udah terima lho, gw baca di TEMPO tgl 17 kemaren. Bantuan dikirim dan masuk ke Indonesia melalui Batam.
Walaupun Israel ngga punya hubungan diplomatik, dia mau mbantu, kok ogah nerima? Emangnya Saudi Arabia pernah membantu? Nggak kan?
Ups.. sori comment-nya agak keras neh. Gw hanya berharap jangan terlalu rasis untuk menilai. :p
Soalnya jadi orang yang minoritas itu nggak enak lho, gw udah sering rasakan itu :)
 
Tau gak, pembangunan masjid dengan biaya judi itu tetap sah :D
 
Harus diluruskan lagi. Masalah mbantu membantu sebenarnya adalah tergantung pribadi negara masing-masing. Tapi, saya yakin, ada juga yang menungganggi musibah ini dengan muatan-muatan politik, dlsb.
Gedung Putih sendiri sewaktu musibah datang, mereka begitu tenang dan anteng seolah musibah ini hanya biasa. Jan Egeland, seorang pejabat tinggi PBB yang juga koordinator bagi penanganan bantuan kemanusiaan untuk kondisi darurat kemudian mengritik dalam tulisannya di media (bawah tanah) AS atas sikap Gedung Putih. Mungkin karena 'mengena', akhirnya PBB yang dimotori oleh AS langsung berbondong-bondong membantu di lokasi gempa, walaupun sudah lumayan telat!

Jangan salah dengan negara Arab Saudi, sebenarnya mereka juga nyumbang banyak. Tetapi lagi-lagi, ada yang berkomentar miring dengannya, sama seperti kritikan terhadap AS. Bagi yang bilang saudi tidak nyumbang, berarti dia tidak pernah baca media :D

Mengenai sikap RI yang menolak bantuan Israel, itu urusan pemerintah. Menurutku sikap yang diambil telah salah. Bukankah kita membutuhkannya? kok heran-herannya sampe 'jaga gensi' segala.
 
Kalau ada orang jatuh di jalan, dan kita tidak kenal, apa kita akan menolong? Tentu! Hikhikhehe hmm untuk hal ini aneh :(

Waaahh marks n spencer produksi kurma yaa?? hahahaha :D
 
-- no comment from luluk-- ;)

Namun, menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa bantuan dari Israel bisa saja disalurkan ke Aceh dan Sumut melalui perantara lembaga internasional, semisal UNICEF. "Namanya saja bantuan kemanusiaan. Kalau itu murni dari rakyat Israel dan bukan dari pemerintahnya, ya tidak ada halangan, asalkan melalui lembaga internasional."

on: (please klick)

http://www.republika.co.id/Koran_detail.asp?id=184026&kat_id=106


Tahukah Anda?
on: (please klick)

http://www.republika.co.id/kolom_detail.asp?id=184260&kat_id=19
 
Upaya menggalang dana untuk korban gempa dan tsunami bukanlah monopoli dunia Barat. Dalam dua hari terakhir, masyarakat Arab Saudi telah mengumpulkan 242 juta riyal (sekitar Rp 593 miliar). Aktivitas penggalangan dana ini berlangsung meluas di seluruh jazirah Arab sesuai instruksi Raja Fahd bin Abdul Aziz.

on: (please click)

http://www.republika.co.id/Koran_detail.asp?id=183200&kat_id=3
 
tahukah anda.. di eropa, buah dan sayuran kebanyakan berasal dari israel(!). apa mau tidak makan kalau lagi bertandang ke israel? ;)

tahukah anda.. bahwa yang 'bermasalah' itu adalah 'religious fanatics' dari segala kaum (mau yahudi, kristen, islam, hindu, dll). pemerintah israel *punya* niat untuk damai, tapi kaum 'egois' itulah yang menembak rabin (penandatangan kesepakatan damai). ketika pemerintah israel berniat menarik pemukim israel dari wilayah palestina, kaum fanatik yahudi-lah yang menentang..

give peace (S-L-M, iSLaM, SaLaaM) a chance!

(maaf, tapi gue masih tertawa geli karena kurma itu tidak dimakan, mubazir..)
wasssalam,
obot
 
seinget gw luk yaa pendatang yahudi awal di israel kebanyakan petani. mereka itu komunitas sosialis banget beberapa keluarga hidup bareng jadi satu. jadi kalo israel ngejual kurma gw nggak terlalu heran. soal rasis-rasisnya sih gw nggak komentar banyak2 yang jelas orang gak perlu belajar evolusi untuk jadi rasis. ini nyambung gak sih !?!?!
 
Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

Archives

July 2004   August 2004   September 2004   October 2004   November 2004   December 2004   January 2005   February 2005   March 2005   April 2005   May 2005   June 2005   July 2005   August 2005   September 2005   October 2005   November 2005   December 2005   February 2006   March 2006   April 2006   May 2006   December 2006   February 2007   May 2007   March 2008   April 2008   May 2008   June 2008   November 2008   January 2009   May 2009   June 2009   December 2009   November 2010  

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]